Rabu, 13 Januari 2010

Manajemen kantong Plastik (tas kresek)

Bukan hal yang baru lagi bagi anak-anak kos, minimal tiap hari ada 1 kantong plastik dibawa ke kamar, hitung saja, 1x365 = 365 kantong plastik dalam 1 tahun, jangankan setahun, 1 bulan saja udah 30 lembar (minimal), pikir aja, tiap beli makan di bungkus ada kreseknya, beli di warung sebelah dapet bonus ini, belanjaan besar ato kecil tetep aja dapet. Denger2 juga isu pengurangan sampah plastik, karena plastik tidak bisa di urai oleh alam, jadi selama 1000 tahun ya tetep ember, gayung, kresek, gelas, dll (masa si?udah ada yg nemu ember umur 1000 tahun? lebay hehehe). Intinya bisa jadi dunia ini suatu saat penuh dengan plastik, hehehe. Pertanyaannya plastik itu smua mau dikemanain?

yah mulai lah dari yang kecil dulu (diri kita khususnya), ini adalah tips2 dari saya sendiri untuk manajemen kantong plastik.
  1. Jangan mau ambil, selama masi bisa di pegang/masukin tas masukin aja (kecuali terpaksa, misal belanjaan banyak, dll)
  2. Lipat dengan rapi plastik tsb,(jangan langsung dibuang) trus di sendirikan mana yang kecil, sedang dan besar, biar gampang carinya, naah setelah itu bilang ke temen2 kos kalo butuh plastik minta aja sama aku, gt...
  3. Re-use untuk keperluan lain, contohnya aku pake kantong plastik untuk bungkus sepatuku yg tidak dipakai supaya g kena debu.
  4. Buat layangan (kl demen&bisa buatnya hehehe).
  5. Toko-toko/warung mengurangi bonus plastik, dengan menggantinya dengan kertas koran yang dibuat kantong (murah, meriah, unik).
Itu saja ide dari aku, yah cuma segitu tapi kalau dilakukan bisa cukup membantu, jika smua anak kos ato sobat blogger melakukannya, mungkin temen2 lebih kreatif dengan digunakan u hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat atau bahkan punya nilai jual.
Namun secara perilaku sosial di negara kita ini (Indonesia) budaya kantong plastik sudah mendarah daging, toko/warung punya perasaan malu kalau tidak membungkus dengan kantong plastik, bahkan ada pembeli yang marah2 kalau tidak diberi kantong plastik, yah intinya kesadaran masing-masing individu (mulailah dari anak kos hehehhehe).

2 komentar:

  1. gk nyangka km peduli jg sm bumi kita ini hihihihi..
    selama ini aku selalu nolak kresek kalo barangnya msh bisa dimasukin tas ^^ Makanya aku selalu bawa tas gede 45 x 25 cm huehehehe..
    GO GREEN :D

    BalasHapus
  2. hoho demi anak cucu Mel... ^^
    aku juga suka bawa tas.. (tp bukan ky tasmu hehehe)..
    thanx Mel..let's go green

    BalasHapus